Selamat Hari Musik Nasional !

SELAMATHARIAIR.COM – Selamat Hari Musik Nasional ! Selamat untuk temen-temen yang hingga saat ini masih konsisten dan eksis di per-musikan lokal maupun nasional. Ngomongin perihal musik, di zaman seperti sekarang ini, kita sepertinya tak pernah absen dengan yang namanya musik, coba bayangkan saja ketika tidur kita pasang alarm yang di situ menggunakan musik, kemudian setelah bangun kita mau mandi atau bahkan sambil mandi saja masih mendengarkan musik, playlist andalan kita yang seolah menjadi soundtrack hidup. Oke fine, musik memang tak bisa dipisahkan dengan kehidupan kawula muda zaman sekarang, lantas bagaimana dengan apresiasi terhadap musik itu sendiri ?

sumber gambar : http://btmediagroup.com

Mengapa Hari Musik Nasional Jatuh Pada Tanggal 9 Maret ?

Menurut beberapa sumber yang saya baca, salah satunya ada di kapanlagi.com , Hari Musik Nasional jatuh pada tanggal 9 Maret karena pada tanggal tersebut lahir seorang bernama WR Supreatman, yaitu pencipta lagu Kebangsaan Indonesia Raya, sehingga pemerintah Indonesia memberi apresiasi kepada beliau dengan menetapkan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional.

APRESIASI ?

Bicara soal apresiasi, saat ini tegolong susah, itu sih dari sudut pandang saya sendiri lho, dimana perihal apresiasi seseorang terhadap karya atau penampilan band kini sepertinya meredup. Contoh nyata adalah penjualan rilisan fisik yang hingga saat ini sangat sulit, terutama untuk band-band lokal di daerah yang masih dalam proses merangkak. Di lingkup sesama pelaku musik saja masih sangat sulit yang namanya mengapresiasi, misal band A baru saja rilis album ABC kemudian band B ga mau beli, kemudian beberapa waktu kemudian band B rilis album BCD dan band A merasa tidak diapresiasi maka juga tidak membeli album milik band B tersebut. Ini pun berlaku tak hanya ketika rilis album, apresiasi nonton perform band pun berlaku seperti kondisi saat band rilis album.
Walaupun tidak 100% seperti itu, hanya saja sering kali menemui beberapa oknum yang masih menganggap band lain adalah pesaing, yang tidak perlu di apresiasi, walaupun secara tersirat tanpa mereka ungkapkan, tapi menurut ke-sok-tahu-an saya demikian.
Baca juga tulisan Mas Memet RSGKL tentang apresiasi musik dari sudut pandang beliau :

Kehidupan Orang-orang Balik Layar

Sekarang sedikit melebar tentang orang-orang yang ada dibalik layar, dibalik band-band besar, dibalik musisi keren dan terkenal, masih ada saja orang dibalik layar yang masih belum dimanusiakan secara layak. Oke sedikit sarkas, terutama di daerah, seolah crew band dianggap bawahan, dianggap pembantu yang harus ready dan standby untuk bantuin player band, beda banget ketika dibandingkan dengan band-band profesional yang sudah bisa mengapresiasi crew bukan lagi sebagai pembantu tapi sudah menjadi bagian dari band yang patut diapresiasi dan dimanusiakan bahkan kesejahteraan nya pun terjamin. Pengalaman pribadi pernah bantu nge-crew merhandise dan nge-crew jadi tim dokumentasi bisa di apresiasi, hingga kesejahteraannya pun terjamin, heheheee.
Sekarang logikanya begini, ketika band A manggung di acara kemudian sukses dan lancar berkat bantuan crew, maka tetap saja yang disanjung ya band itu sendiri, sangat jarang ada yang bilang “wah ini keren aksi panggungnya, ini crew band’nya pasti yahud” sangatlah jarang, lalu pertanyaan adalah “apa yang perlu diberikan band untuk orang-orang dibalik layar yang membantunya? ” ini yang perlu kita cari jawabannya bersama-sama.
Apresiasi terhadap orang-orang di belakang layar tidak selamanya dengan materi / uang , memanusiakan manusianya itu yang perlu dan penting, ketika memang tidak atau belum bisa mengapresiasi dan belum bisa memberi apapun ke orang-orang yang ada dibalik layar, kenapa kalian harus memaksakan band untuk punya crew, untuk punya manajer, untuk punya stage manager, untuk punya soundman ? Band yang sudah sampai tahap punya manajemen seharusnya memang band yang sudah waktunya membutuhkan, bukan dibuat hanya untuk formalitas untuk meningkatkan “ke-keren-an” semata.
Sepertinya cukup sampai di sini tulisan tentang Hari Musik Nasional, semoga temen-temen band tetep semangat berproses, tetep semangat berkarya dan tentunya semoga semakin bangga membawakan musik / karya sendiri !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *