RumahAtas Gallery Surabaya

SELAMATHARIAIR.COM – Beberapa hari lalu saya berkunjung ke RumahAtas Gallery Surabaya, yaitu sebuah gallery stiker yang ada di kota Surabaya. RumahAtas Gallery adalah galeri stiker pertama yang ada di Kota Surabaya (jika info ini salah mohon dibenarkan). Sebuah galery stiker yang benar-benar sesuai dengan namanya yaitu RumahAtas, gallery ini berada di lantai dua sebuah rumah yang terletak di gang kecil yang bisa kalian datangi dengan alamat di Jl. Karang Gayam No.26, RT.004/RW.03, Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur 60136 atau bisa lewat aplikasi Google Map ke titik PQW5+R5 Surabaya, Surabaya City, East Java.

 

Kunjungan perdana saya ke RumahAtas Gallery ini bersama salah satu kawan pegiat stiker Banjarnegara, namanya Mas Bayu DC atau yang lebih sering dipanggil Bayu Diamondsthree karena username akun sosial media dia adalah @diamondsthree. Kunjungan kami berdua ke kota Surabaya, ke RumahAtas Gallery adalah untuk silaturahmi sekaligus untuk mematangkan konsep pameran stiker yang akan digelar di Banjarnegara pada bulan Februari 2019. Pameran stiker ini bertajuk ‘Banjarnegara Sticker Art Exhibition’ yang informasinya bisa diakses lewat halaman resmi http://banjarnegarastickerexhibition.info .

RumahAtas Gallery Surabaya

Banjarnegara Sticker Art Exhibition
Untuk pameran stiker di Banjarnegara

Sebuah galeri stiker yang mengumpulkan koleksi stiker dari seniman-seniman stiker baik dari lokal Surabaya, Nasional (Indonesia), bahkan hingga mancanegara seperti dari Brazil, US, Jerman, Swiss, Italy, Canada dan lain sebagainya. Koleksi stiker yang ada di sini sangatlah banyak, koleksi-koleksi yang menurut pemilik Galeri sifatnya limited (terbatas) dipajang khusus dengan pigura. Kemudian stiker yang cukup banyak, ditempel langsung ke media yang ada di gallery seperti di papan, di banner, di bekas rambu lalulintas, bahkan di bekas tameng Satpol-PP. Semua stiker terpasang asik yang begitu banyak dan begitu mermacam jenis dan bentuknya. Mulai dari stiker yang dibuat manual menggunakan spidol, stiker cetak, hingga stiker yang disablon manual, ada semua di sini.

rumahatas gallery Surabaya
Untuk ke RumahAtas Gallery masuk gang ini
RumahAtas Gallery Surabaya
Tangga naik RumahAtas Gallery Surabaya (difoto dari atas)

Cak Eko si pemilik tempat cukup konsisten dengan hal-hal yang berbau stiker dan street art. Tak hanya stiker saja, dia pun masih sering membuat graffiti dengan inisial RAG93. Membangun RumahAtas Gallery ini dia sendirian, rumah lantai dua dijadikan galeri yang siapa saja boleh masuk, melihat karya, juga boleh menempel stiker di beberapa tempat bahkan di sini ia menjual produk stiker baik miliknya maupun beberapa milik orang lain yang titip jual.

RumahAtas Gallery Surabaya
stiker di RumahAtas Gallery Surabaya

Beginilah suasana di Galeri:

RumahAtas Gallery Surabaya
stiker di RumahAtas Gallery Surabaya – Media: Tameng POL-PP
RumahAtas Gallery Surabaya
stiker di RumahAtas Gallery Surabaya – Koleksi Stiker dari Pengunjung 
RumahAtas Gallery Surabaya
coretan di dinding dan stiker di RumahAtas Gallery Surabaya

Untuk temen-temen yang ingin tau bagaimana perkembangan yang ada di RumahAtas Gallery ini, silakan bisa ikuti akun instagram @rumahatasgallery. Saya pribadi cukup terkesan dengan adanya RumahAtas Gallery Surabaya ini, sangat menginspirasi, karena saya pribadi pun suka koleksi stiker, hanya saja masih tertumpuk rapih belum siap men-display seperti yang ada di RumahAtas Galleri ini. Oh iya, saya sempat mendokumentasikan perjalanan ke Surabaya dalam bentuk video blog, berikut video’nya:

 

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *