Menggunakan Transportasi Kereta Api Kini Makin Nyaman

SELAMATHARIAIR.COM – Ingatkah dengan lagu anak ketika kita semua masih kecil dulu, nyanyian tentang kereta api yang berjudul “Naik Kereta Api” sepertinya kini sudah tak terdengar lagi oleh anak kecil masa kini, anak kecil sekarang lebih apal lagu Let It Go atau Jaran Goyang ketimbang lagu anak seprti lagu Naik Kereta Api tersebut.
kereta api indonesia
Kereta Api Indonesia

 

Yang lupa lirik lagu naik kereta api, silakan ingat kembali liriknya, berikut lirik lagu Naik Kereta Api :
Naik kereta api … tut … tut … tut
Siapa hendak turut
Ke Bandung … Surabaya
Bolehlah naik dengan percuma
Ayo temanku lekas naik
Keretaku tak berhenti lama
Cepat kretaku jalan …tut…tut…tut
Banyak penumpang turut
K’retaku sudah penat
Karena beban terlalu berat
Di sinilah ada stasiun
Penumpang semua turun
Lirik lagu tersebut jika dicermati ada pembelajaran untuk saling berbagi, bisa dilihat pada lirik bagian “Ke Bandung … Surabaya, Bolehlah naik dengan percuma, Ayo temanku lekas naik, Keretaku tak berhenti lama” dalam lirik ini seolah si anak (penyanyi) punya kereta dan mengajak teman-teman nya untuk ikut ke keretanya, bukan kah nilai edukasi yang begitu baik di lagu anak ini, lantas kemana lagu anak di zaman sekarang ini, seperti tenggelam begitu saja, mengapa bisa demikian ? siapa yang salah atas semua ini ?
Oke sekarang ngomongin soal kereta api, diamana dulu pengalaman pertama naik kereta api di tahun 2011 dari stasiun Purwokerto ke stasiun Pasar Senen, pengalaman pertama yang cukup berkesan, kereta dulu begitu carut marut, bayangkan dulu masih ada penjual asongan di atas gerbong kereta, jumlah muatan pun tak sesuai kursi, jadi banyak yang tak dapat tempat duduk, begitupun dengan saya, ketika itu duduk di sambungan antar gerbong, deket toilet, bisa dibayangkan ketika ada orang ke toilet, bagaimana bau dan begitu umpel-umpelan (berdesakan) dengan sesama pegguna jasa transportasi darat ini, yang tak seindah lirik lagu ‘Naik Kereta Api’
umpel umpelan pun sempat foto
Perubahan, meningkatnya layanan transportasi kereta api ini saya rasakan tahun 2013 ketika ke Jakarta, sungguh begitu drastis peningkatannya hingga akhirnya kini sering kali menggunakan jasa layanan kereta api ketika bepergian ke Jakarta, paling sering ke Jakarta kalau naik kereta soalnya. Nah belum lama ini ke Cimanggis, Depok, Jawa Barat ke rumah kakak perempuan saya, sembari menjalankan satu misi (konsultasi ke dokter), saya pilih menggunakan kereta api sekalian ngajakin Mba Patjar naik kereta, karena dia belum pernah naik kereta, itung-itung buat kado ke dia untuk perayaan 1097 hari alias 3 tahun bersama pemilik akun twitter @_kedhanakedhini ( Rachmawati Kurnia Sari ). “Hmmm.. Perjalanan ke Ibukota untuk kali pertama dan ga bakal dilupain. Kalo dibandingin naik bis, kendaraan pribadi, atau kapal,  kereta lebih nyaman pake banget. Kekhawatiran akan resiko (kecelakaan) mungkin sedikit kecil drpd naik yang lainnya. Kadang kalo naik (bis, kendaraan pribadi, atau kapal) gampang bosen kali ya, tapi kalo naik kereta tuh beda kayak blusukan 😁. Apalagi ada cafe berjalan hahaha. Jadi sayang banget kalo naik kereta cuma merem” ungkap Rachmawati Kurnia Sari ketika ditanya bagaimana pengalaman perdana naik kereta api.
ngopi dan makan di gerbong restorasi kereta api adalah cara menghilkan kejenuhan
gerbong restorasi kereta api Indonesia
Gerbong Restorasi Kereta Ekonomi Jaka Tingkir
Gerbong restorasi ini cukup menjadi tempat favorit ketika berada di perjalanan menggunakan jasa transportasi kereta api, di gerbong ini kita dimanjakan seperti sedang nongkrong di cafe, seprti cafe berjalan kalau kata Mba Patjar, di sini bisa makan atau sekedar ngopi sambil liat pemandangan di luar kereta, recomended di sini, perlu nyoba ke gerbong restorasi jika kalian menggunakan kereta api, bakal betah dan ketagihan.
Pelayanan dari pemesanan tiket hingga fasilitas-fasilitas baik di stasiun maupun di dalam kereta api, kini sudah baik, pelayan yang ramah, stasiun yang sudah cukup aman karena hanya yang memiliki tiket yang bisa masuk ke peron stasiun, kebersihan kereta api dan juga toiletnya, pokoknya ini sangat amat worth it lah.
Eh sempet denger wacana kalau mau ada lagi alias di aktifin lagi jalur kereta yang lewat Banjarnegara seprti bertahun-tahun lalu, hanya saja belum ada kejelasan, padahal berharap banget ada kereta api lewat Banjarnegara, eh sekalian juga dikasih stasiun di Banjrnegara, kan enak tuh, bakalan lebih suka naik kereta api.
semenjak potong rambut berasa umur jadi 17 tahun
Gerbong Kereta Api Ekonomi Jaka Tingkir
sedang memikirkan “mau nulis apa ya di kedhanakedhini.com nanti”
Order tiket kereta api bisa online lewat aplikasi KAI Accsess yang bisa kita download di playstore, ini cukup memanjakan pengguna. Selain itu e-boarding pun kini begitu membantu, tak harus print tiket, cukup scan barcode yang ada di aplikasi dan nunjukin KTP bisa langsung masuk, pokoknya lebih enak dan ga perlu ngantri print tiket deh, semakin maju, semoga mega proyek e-ktp besok bisa begini, tak seperti ktp konvensional yang harus fotokopi KTP tiap butuh persyaratan KTP, mbok ya tinggal di scan, kan udah e-ktp, berarti kan udah elektronik, udah pake sistem yang terintegrasi, masa kalah sama e-tol, e-money, ktm kampusku, dan kalah sama member card indo/alfa, gegara di korupsi mungkin ya, jadi e-ktp nya nihil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *