Harvest Mind, Petani Gaul dan Keren

SELAMATHARIAIR.COM – Ngomongin tentang Patani Gaul Yuk…. Beberapa waktu lalu, sebelum Harvest Mind melangsungkan panen beras organik perdananya, saya sudah mengikuti mereka lewat jejaring sosial yang cukup populer di kalangan milenial ini, sebut saja instagram. Lahir dengan nama pengguna @harvestmind membuat saya penasaran sehingga mengikuti setiap apa yang mereka bagikan baik di timeline maupun di instagram stories.

petani gaul
sumber gambar: instagram @harvestmind

Harvestmind adalah?

Harvestmind adalah sebuah ruang para pemuda yang memilih bertani sebagai jalan untuk tetap bertahan hidup.
Kami petani di Harvestmind adalah para pemuda yang mendedikasikan hidupnya untuk dunia pertanian.
Seperti millenial pada umumnya, meskipun kami memilih bertani, kami tidak akan meninggalkan trend untuk tetap hidup indie dan artsiy.

#petaniindie | postingan instagram @harvestmind DECEMBER 14, 2018

Meneruskan cita-cita leluhur (Simbah) agat Nusantara sebagai lumbung pangan.

Harvest Mind | sumber tulisan : postingan @harvestmind DECEMBER 14, 2018

Beras Organik

Padi organik adalah salah satu produk yang dihasilkan oleh Harvestmind. Menanam padi organik sebagian kebanyakan petani adalah pekerjaan yang cukup berat. Sempat beberapa kali saya membahas soal beras organik ini dengan bapak dan keluarga, katanya banyak petani di sekitar yang tidak kuat mempertahankan atau menjalankan proses ini. Nah, lain dengan Harvestmind, mereka sepertinya sungguh bertekad besar untuk terus mempertahankan beras organik. Segala proses mereka kerjakan dengan penuh keyakinan.

Mereka Patani Gaul yang Patut di Apresiasi

Saat mereka mengunggah panen perdana mereka, mereka menjual beras organik hasil bertaninya ke beberapa kawan, sayangnya saya kurang beruntung, saat sudah memantapkan untuk mengirim pesan lewat DM instagram, beras yang mereka jual sudah Sold Out alias ludes. Panen kedua semoga saya bisa order beras organik yang diproduksi Harvest Mind.

Oh iya, kenapa saya sebut mereka petani gaul? bagaimana tidak, mereka adalah termasuk orang-orang gaul di kalangannya, salah satu yang saya kenal adalah mas Dena Ema Pribadi pemilik akun instagram @aksaradena_ , dia adalah peyanyi (Rapper), juga sebagai MC, juga menjadi bintang iklan dan model beberapa video klip band-band keren yang tarafnya sudah nasional.

Visual yang ditampilkan Harvest Mind juga sangat kekinian, bagaimana mereka bercocok tanam menggunakan pakaian nan branded, sebut saja SUPREME.

Harvest Mind Supreme Petani Gaul
sumber gambar: instagram @aksaradena_

Harvestmind menulis zine yang bisa kalian baca dalam format .pdf di link berikut : klik di sini. Dalam zine tersebut diceritakan latar belakang terbentuknya Harvestmind, diceritakan pekerjaan mereka sebelum bergabung di Harvestmind. Semua tulisan lengkap ada di sana, wajib buat kalian untuk membacanya.

Konflik Agraria

Konflik agraria sedang sangat sering terjadi di Indonesia. Banyak di beberapa daerah yang terjadi konflik hingga banyak korban berjatuhan. Sebetulnya bukan hanya tentang korban berjatuhaan saat terjadinya konflik saja, namun nasib ke depan yang jadi kekhawatiran. Bagaimana pertanian ke depannya? jika lahan-lahan pertanian dijadikan bangunan?

Langkah yang dipilih Harvestmind sepertinya adalah jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang muncul setelah maraknya konflik agraria. Selain menyuarakan dan berjejaring untuk aksi solidaritas, mereka juga terjun menjadi petani.

Salut untuk Harvestmind

Angkat topi saya untuk mereka, Harvestmind, yang sering kali mendatangi, menyambangi, berjejaring seputar isu agraria, seputar isu pertanian, mekera terjun langsung menjadi petani, tidak hanya menyuarakan bla bla bla soal Kendeng, soal Temon, Kulonprogo, pokoknya luar biasa pergerakan Harvest Mind, membuat saya pribadi tergerak untuk memulai gerakan yang hampir serupa, saya masih menyiapkan mental untuk bisa seperti mereka. Semoga diberi kelancaran, diberi nikmat sehat oleh-Nya agar bisa berkunjung ke tempat Harvest Mind sang petani gaul, belajar soal pertanian dengan mereka. Salam!

Harvestmind

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *