Gado Gado Reborn – Lagu Galau

SELAMATHARIAIR.COM – Semenjak ada Warkop DKI Reborn, bermunculan nama reborn yang saya dengar. Nah salah satunya ya Gado Gado Reborn yang belum lama saya dengar dari warga dusun Siweru yang tak lain tak bukan ya bung Eka. Siapakan bung Eka ini? Oke, nanti saya kenalin sosok beliau, tenang.

Eka Setiawan

Siapa sebenarnya sosok Eka Setiawan? Oke, saya runtut dari sini ya, sebelum saya menceritakan soal Gado Gado Reborn. Eka ini adalah warga Dusun Siweru, Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Dia satu kampung dengan saya dan juga pernah satu band pada masanya. VM atau lengkapnya Vegetary Marijuana, adalah salah satu band reggae di Banjarnegara yang pernah kami jadikan media untuk bersenang-senang dan membuat karya. Eka dulu main gitar, kemudian saya main djembe di band VM tersebut.

Setelah VM vakum, Eka hijrah ke Cikarang, hijrah bukan jadi alim ulama yang berdakwah, hahahaaa. Hijrahnya ya berpindah tempat dari Banjarnegara ke Cikarang untuk mencari rejeki. Dia kerja di Cikarang yang awalnya saya kurang paham kerja di bagian apa. Namun akhir-akhir ini sepertinya di Cikarang dia fokus mencari nafkah lewat jalur musik. Salah satunya adalah melalui proyek musiknya yang bernama Gado Gado Reborn.

Duka Bermusik di Kota Kecil

Memang sepertinya bermusik di kota kecil cukup susah, minim apresiasi dan tentunya tidak bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan. Bermusik di sini yang lebih ke pengkaryaan, membuat karya. Kalau bermusik yang jadi band cover wedding di kota kecil justru sangat amat menjadi sumber pendapatan. Banyak contohnya kok, band di daerah saya yang bubar gegara personilnya lebih milih ikut band wedding. Tak ada yang salah dengan pilihan mereka masing-masing. Tapi cukup disayangkan ketika sudah punya band namun tidak punya karya yang bisa dijadikan peninggalan (kenang-kenangan). Oke balik lagi ngomongin teman saya, Eka. Salah satu alasan dia ke Cikarang ya mungkin karena di sana dia lebih bisa berkembang di industri musik, lebih banyak apresiasi dari pendengar. Kemudain bisa lebih fokus bermusik karena lingkungan di sekitarnya mendukung.

Vegetary Marijuana
Vegetary Marijuana | dok. BRF

Gado Gado Reborn

Proyek musik yang Eka dan kawan-kawan kerjakan ini bisa dibilang orkes atau musik komedi. Cukup kaget ketika beberapa kali baca status facebook Eka soal band barunya. Saya kira dia sudah total berhenti bermusik, ternyata justru 180 derajat berkembang sangat pesat, salut untuk konsistensi dan eksistensinya dalam bermusik. Saya di sini turut mendoakan, suatu saat bisa rilis album fisik dan saya siap beli!. Gado Gado Reborn beranggotakan Aki di vokal, Caprut di gitar, kemudian Eka di gitar, Erick di bass dan Ilham di drum. Melihat video klip single kedua mereka berjudul Lagu Galau, di situ gerak-gerik Eka masih usil seperti dulu saat bareng VM, gokil!

Gado Gado Reborn Band
sumber gambar: facebook Eka
Video Klip Lagu Galau

Support Karya Mereka

Saat ini VM sudah tidak lagi ada, sudah menjadi nama saja yang hanya cukup dikenang. Saya pribadi mendukung teman-teman yang dulu bermusik bersama VM. Mendukung dengan cara saya pribadi, mungkin dengan mengapresiasi karya mereka. Apresiasi untuk Eka ya tentu paling sederhana ya dengan membuat tulisan ini, dengan nonton videonya di youtube Gado Gado Band Official, dan dengan mendengarkan beberapa karyanya di spotify. Kemudian juga untuk Tutung dengan proyek musik barunya “Menjelang Pagi”, apresiasi saya ya baru sebatas bantu bikin video ala kadarnya ini:

Bermusik Tak Harus Main Musik

Pokoknya sukses untuk temen-temenku yang bermain musik, saya tak lagi bermain musik, cukup jadi pendengar musik kalian saja. Toh bermusik itu tidak harus menjadi player, bisa jadi yang lain, bisa jadi penjual CD/Kaset, bisa jadi pemilik cafe yang di situ menampung band-band lokal, bisa jadi fotografer musik, wartawan musik, videografer musik, dan lain sebagainya. Saya tunggu karya-karya luar biasa kalian, tetap berkarya, bikin karya apapun, jangan nyaman bawain karya orang lain ya teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *