Air Terjun Tibumana Bali yang Cukup Sepi

SELAMATHARIAIR.COM – Bali, terkenal dengan berbagai macam tempat wisata, tentunya juga dengan budaya dan adatnya yang begitu kuat. Bagi kalian yang pernah berkunjung atau berlibur ke Bali pastinya sudah mampir ke Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, Pantai Legian dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan wisata air terjun di Bali? apakah kamu juga mengunjunginya? Pernah ke Air Terjun Tibumana?

Air Terjun Tibumana (Tibumana Waterfall Bali)

Cerita singkat perjalanan saya ke Bali, salah satu destinasi yang saya kunjungi adalah air terjun Tibumana, letaknya ada di Desa Ampuan, Susut, Kabupaten Bangli. Untuk bisa ke air terjun ini, saya menggunakan sepeda motor, kurang lebih sekitar 29 kilometer dari kota Denpasar. Bersama teman saya, kami tempuh santai kurang lebih sekitar 50 menit.

Untuk kalian yang tak paham jalan sekitar Bali, silakan gunakan fitur google maps di ponsel cerdas anda, ketik saja “Air Terjun Tibumana” kalian bisa sampai ke air terjun dengan mengikuti petunjuk arah di aplikasi google maps tersebut.

Tibumana Waterfall
jalan menuju air Terjun Tibumana

Dari tempat parkir sampai ke air terjun kita perlu berjalan kaki mungkin sekitar 300-400an meter, tidak akan terasa capek karena pasti akan dihipnotis dengan dominan warna hijau dan udara sejuk. Sesekali bahkan mungkin akan berkali-kali berhenti hanya untuk sekedar menikmati alam atau untuk mendokumentasikannya (foto/video). Oh iya, belum saya kasih tahu untuk harga tiket masuknya ya, sampai kelupaan pengin cerita keseruan mandi di Air Terjun Tibumana, heheheheee. Untuk tiket masuk dikenakan biaya Rp.10.000,- saja, sangat terjangkau di kantong pokoknya.

tibumana waterfall
di jalan menuju air terjun ada kolam yang terdapat patung dan ikan kecil. Gambar ini hasil screenshoot video, jadi hasilnya kurang maksimal.

Air Terjun Tibumana ini tergolong sepi, terbukti saat kami ke air terjun tersebut hanya sekitar 8 orang pengunjung saja, mungkin karena kami ke air terjun saat weekday, jadi cukup puas dengan suasana sepi dan air yang begitu segar.

Pengunjung boleh berenang di air terjun ini, hanya saja disarankan untuk tidak mendekati air terjun langsung, jadi tidak berada tepat di posisi air terjun. Oh iya, di Tibumana ini ada goa kecil di dekat air terjun, itu pun kita tidak perlu masuk ke dalamnya, tidak direkomendasikan, mungkin karena berbahaya.

tibumana waterfall
Pemandangan Air Terjun Tibumana

Menikmati Pulau Bali yang tak hanya pantai, ya salah satu destinasi yang perlu kalian kunjungi adalah Air Terjun Tibumana ini, kalian akan betah mendengarkan suara air dan melihat pemandangan hijau yang begitu memanjakan mata. Cocok untuk para pekerja keras yang ingin refresh otak, recharge energi untuk bisa kembali bekerja keras dengan rutinitas.

Oh iya di air terjun ini terdapat satu toilet dan satu tempat ganti, jadi tak usah khawatir setelah main air bisa mandi untuk membersihkan diri. Di sekitar tempat ganti dan di beberapa titik perjalanan menuju ke air terjun juga tersedia tempat sampah yang tentunya siap menampung sampah yang kalian bawa. Budayakan membuang sampah pada tempatnya, mari kurangi konsumsi plastik mulai dari diri kita masing-masing.

tibumana waterfall
berenang di Tibumana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *